MOTIVASI MENJADI DUTA RUMAH BELAJAR TAHUN 2020



 








Pada awalnya saya tidak pernah membayangkan untuk menjadi Duta Rumah Belajar Tahun 2020. Bermula dari keikutsertaan saya pada program PembaTIK pada Portal SIMPATIK di saat pandemic COVID 19 melanda Indonesia. Ada banyak waktu di rumah yang saya pergunakan untuk mengupgrade diri.

PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling). Pada PembaTIK Level 4 inilah level yang paling mendebarkan karena selain padatnya tugas, kami harus berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK dengan rekan-rekan guru lainnya dan di akhir tahapan akan dinobatkan 1 Duta Rumah Belajar yang merupakan perwakilan dari masing-masing provinsi.

Manfaat Mengikuti PembaTIK

·       Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini

·       Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional

·       Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

Dari beberapa manfaat di atas salah satunya adalah berkesempatan menjadi Duta Rumah Belajar.

Apa itu Duta Rumah Belajar?

Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pustekkom Kemendikbud dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk 'pembelajaran di masing-masing provinsinya terutama Portal Pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id).

 Manfaat Menjadi Duta Rumah Belajar

·    Menjadi wajah perwakilan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan, terutama Rumah Belajar

·    Berkesempatan mengikuti bimbingan teknis pengembangan bahan ajar berbasis TIK baik di pusat maupun daerah

·     Berkesempatan dilibatkan pada acara dan kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan baik di pusat maupun daerah

·  Bertemu dan bertukar wawasan dengan guru-guru berprestasi dari seluruh provinsi di Indonesia

Manfaat menjadi Duta Rumah Belajar  adalah mimpi dari setiap peserta PembaTIK yang telah sampai pada Level 4.

Menjadi Duta Rumah Belajar berarti kita harus siap dengan berbagi informasi seputar Portal Rumah Belajar, diperlukan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran bahkan mungkin financial dan yang paling penting dibutuhkan kemampuan berkomunikasi dengan public. Sebagai mantan wakil kepala sekolah bidang humas, saya sudah memiliki pengalaman menjadi public relation di sekolah saya, memberikan informasi, berhadapan langsung dengan orang banyak sudah terbiasa bagi saya. Hal inilah yang mendorong saya untuk bermimpi menjadi Duta Rumah Belajar.  Selain itu saya ingin menjadi contoh bagi rekan guru lainnya, bahwa usia tidak menghalangi kita untuk terus belajar teknologi informasi dan komunikasi. Terbukti bahwa saya adalah peserta tertua dari provinsi Sumatera Barat.

Menjadi Duta Rumah Belajar berarti kita harus mampu menyusun schedule dan memanage waktu kita sebaik mungkin sehingga tugas utama mengajar tidak tertinggal karena harus focus dengan kesibukan menjadi Duta Rumah Belajar. Bagi saya, seorang ibu dari 3 orang anak yang semuanya laki-laki dan bisa berada di level 4 ini adalah suatu prestasi bagi saya pribadi, disamping kesibukan saya sebagai guru dan wakil kurikulum saat ini. Artinya saya sudah terbiasa dengan schedule kerja yang padat.

Selain kemampuan berkomunikasi public yang saya miliki, manajemen waktu yang sudah terbiasa saya buat, saya juga selalu ready dengan perangkat teknologi dan sudah memanfaatkan teknologi dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas saya baik sebagai guru maupun wakil kurikulum. Semoga impian saya menjadi Duta Rumah Belajar mendapatkan ridho dari Allah SWT seandainya tidak berkesempatan menjadi Duta Rumah Belajarpun saya akan tetap belajar dan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK dengan rekan guru lainnya. Terima kasih kepada Pusdatin Kemdikbud yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk berada sampai level 4 ini.

Dari foto-foto kegiatan saya di atas semoga mampu menggambarkan kegiatan dan perjalanan karir saya di dunia pendidikan. Seandainya saya tidak menjadi Duta Rumah Belajarpun saya akan tetap berbagi dan berkiprah di dunia pendidikan yang merupakan cita-cita saya sejak kecil. Semoga Allah memberikan apa yang terbaik bagi hambaNya. Menjadi Duta Rumah Belajar berarti kisah baru dalam perjalanan hidup saya yang harus saya jalani dengan penuh kesungguhan hati, tidak menjadi Duta Rumah Belajar pun saya akan tetap berbagi dengan orang lain khususnya di bidang pendidikan.

Salam Rumah Belajar...Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja...

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.

 

 


           

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...