BERBAGI KREASI DAN INOVASI DALAM PEMBELAJARAN





Kegiatan sosialisasi tatap maya dengan tema Berbagi Kreasi dan Inovasi dalam Pembelajaran telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 Oktober 2020 , mulai pukul 13.00 sampai dengan 15.30 WIB. Kegiatan ini merupakan sharing kolaborasi SRB Nusantara karena melibatkan SRB dari 4 wilayah. Berawal dari grup WA Kolaborasi 2020 yang dibuat oleh SRB Muhammad Iqbal Steve seorang SRB dari Kalimantan Barat, beliau membuat grup di facebook pada awalnya untuk mengajak para SRB berkolaborasi. Setelah memiliki cukup anggota di facebook, SRB Muhammad Iqbal lalu membuat grup WA Kolaborasi. Belaiu membuat jadwal untuk SRB antar daerah berkolaborasi. Setiap peserta memiliki kesempatan untuk tampil secara tatap maya dengan tim dalam kelompoknya. Setelah jadwal tersusun, barulah kami saling mencari teman yang tergabung dalam kelompok kecil tersebut. Itulah cerita awal pertemuan kami sehingga terbentuklah kolaborasi untuk berbagi. Berkolaborasi adalah keterampilan abad 21 yang harus dimiliki guru maupun peserta didik karena dengan kolaborasi akan menumbuhkan karakter positif seperti bekerja sama, saling menghargai, membagi tugas dalam tim, bertanggung jawab, bekerja keras, komunikasi dan sikap-sikap positif lainnya. Tidak mudah membuat suatu kolaborasi, apalagi dengan orang-orang yang baru kita kenal, kita harus mencocokkan schedule yang berbeda-beda agar kolaborasi dapat terlaksana dengan baik, karakter yang berbeda serta kepentingan yang berbeda pula. Namun semuanya itu dapat terlaksana dengan satu tujuan untuk saling berbagi inovasi pembelajaran dengan rekan-rekan guru lainnya di seantero Indonesia.

Berbagi Kreasi dan Inovasi Dalam Pembelajaran Menggunakan Portal Rumah Belajar
Nara sumber :
1. Siti Khadijah,S.Pd,Gr  - SRB BABEL
2. HERI,S.Si,M.M,Gr – SRB DKI JAKARTA
3. TINA SUNDARI,S.Pd,M.Pd – SRB JABAR
4. ADDURORUL MUNTATSIROH,S.Pd –SRB SUMBAR

Hari/Tanggal          : 11 Oktober 2020
Waktu  : Pukul 13.00 – 15.00 WIB
ID number  : 625 609 0634
Password  : rumbel


Sabtu sore saya menerima chat dari SRB Tati yang merupakan SRB dari provinsi Jawa Barat yang menyampaikan bahwa kita akan tampil di hari Minggu tanggal 11 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB. Pembagian tugaspun langsung dilaksanakan dan akhirnya kami dapat tampil meskipun SRB Siti Khadijah dari provinsi Bangka Belitung mengalami gangguan sinyal.

Pada pukul 12.30 WIB room sudah dibuka oleh SRB Heri yang merupakan SRB dari provinsi DKI Jakarta, tim kami melakukan briefing sebentar dan tepat pada pukul 13.00 WIB acara dibuka oleh moderator SRB Tina. Peserta yang telah berada di room dapat langsung mengisi daftar hadir. Pemateri yang tampil pertama kali adalah SRB Siti Khadijah yang memaparkan tentang penggunaan edugame dalam pembelajaran. Dilanjutkan dengan pemaparan dari nara sumber kedua yaitu SRB Heri yang mempresentasikan penggunaan sosial media dalam pembelajaran. Nara sumber ketiga adalah saya sendiri SRB Addurorul M. Saya memaparkan bagaimana membuat pembelajaran praktik untuk meningkatkan keterampilan di masa pandemi dengan memanfaatkan media sosial juga yang semuanya dihubungkan dengan Portal Rumah Belajar. Penyaji terakhir yang sekaligus sebagai moderator SRB Tina memaparkan tentang penggunaan Flipped classroom/FcR yang terintegrasi dengan WA dalam pembelajaran.

Setelah semua nara sumber memaparkan materi, audiens dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan. Ada beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada masing-masing nara sumber dan kami menjawab secara bergiliran. Setelah masing-masing nara sumber memberikan closing statementnya, moderator mengajak foto bersama audiens dan menutup acara.

Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran audiens yang bertahan mengikuti kegiatan sampai akhir walaupun pada hari Minggu yang seharusnya beristirahat bersama keluarga. Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati audiens sekalian. Akhirnya webinarpun ditutup pada pukul 15.30 WIB.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.


Flyer/Publikasi Kegiatan



 1. Melalui Facebook


2. Melalui Instagram








Untuk liputan lengkapnya dapat dilihat dari link youtube berikut : 


Dokumen kegiatan dapat dilihat dari tautan berikut: Dokumen kegiatan

Dari link daftar hadir diperoleh jumlah peserta yang telah mengisi daftar hadir sebanyak 25 orang, 24 orang menyatakan sudah mengetahui tentang portal Rumah Belajar, 1 orang yang belum pernah mendengar tentang portal Rumah Belajar. Tanggapan dari peserta rata-rata memberikan respon acaranya sangat menarik dan membuat kami merasa lebih bersemangat lagi untuk terus melakukan sosialisasi dan berbagi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...