Sosialisasi Pembelajaran Inovatif dengan Memanfaatkan Fitur-fitur Rumah Belajar Bersama KGBN Sijunjung


Kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Inovatif dengan Memanfaatkan Fitur-fitur Rumah Belajar bersama Komunitas Guru Belajar Nusantara Sijunjung telah dilaksanakan secara daring pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2020 pukul 14.00 sampai dengan 15.30 WIB. Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi SRB Sumbar antara saya SRB Addurorul Muntatsiroh dari SMK Negeri 1 Sijunjung  dengan SRB Fitri Gusti Ayu dari SMK Negeri 1 Solok. Berkolaborasi adalah keterampilan abad 21 yang harus dimiliki guru maupun peserta didik karena dengan kolaborasi akan menumbuhkan karakter positif seperti bekerja sama, saling menghargai, membagi tugas dalam tim, bertanggung jawab, bekerja keras, komunikasi dan sikap-sikap positif lainnya. Tidak mudah membuat suatu kolaborasi, apalagi dengan orang-orang yang baru kita kenal, kita harus mencocokkan schedule yang berbeda-beda agar kolaborasi dapat terlaksana dengan baik, karakter yang berbeda serta kepentingan yang berbeda pula. Namun semuanya itu dapat terlaksana dengan satu tujuan untuk saling berbagi inovasi pembelajaran dengan rekan-rekan guru lainnya di seantero Indonesia.

Kolaborasi ini diawali melalui percakapan via WA mengingat saya adalah satu-satunya peserta dari kabupaten Sijunjung sehingga saya perlu berkolaborasi dengan SRB yang lain. Setelah dicapai kesepakatan, kami berbagi tugas pembuatan flyer, publikasi, link zoom, materi presentasi dan pembagian tampil pada saat zoom meeting. Hasil kesepakatan tersebut dapat saya paparkan sebagai berikut:

1. Flyer dibuat oleh SRB Fitri Gusti Ayu

2. Publikasi dilakukan oleh SRB Addurorul Muntatsiroh

3. Masing-masing SRB membuat bahan presentasi

4. Host dan moderator bergantian

5. Presentasi materi bergantian

6. Materi pengenalan program PembaTIK dan portal Rumah Belajar oleh SRB Addurorul Muntatsiroh

7. Materi pengenalan kelas maya oleh SRB Fitri Gusti Ayu.

Saya mencoba menghubungi ketua KGBN Sijunjung Ibu Novi Edmawita,S.Pd untuk menanyakan apakah bisa sharing informasi di KGBN Sijunjung tentang portal Rumah Belajar. Alhamdulillah silaturahmi saya diterima dengan baik oleh ketua KGBN Sijunjung yang selanjutnya saya diberikan jadwal untuk sharing pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2020 pukul 14.00 WIB.


Flyer Kegiatan


Publikasi kegiatan mulai saya lakukan di sosial media seperti Facebook, WA Grup Komunitas Guru Belajar Nusantara Sijunjung dan Instagram sejak hari Senin tanggal 5 Oktober 2020 sampai detik-detik menjelang acara dimulai. Dalam flyer kami mencantumkan link untuk registrasi dengan tujuan agar kami mengetahui seberapa banyak minat audiens terhadap webinar yang akan kami laksanakan. Dari respon registrasi diperoleh data sebanyak 50 orang yang telah melakukan registrasi.

Link registrasi

Registrasi 

 


Publikasi Kegiatan

Publikasi Facebook

Publikasi Facebook

1. Story Facebook


2. Instagram


3. Status Facebook


Room di zoom meeting dibuka pada pukul 13.45 WIB, saya bertugas sebagai host yang melakukan admit participant yang masuk. Tepat pukul 14.00 WIB kegiatan saya mulai, saya langsung bertugas sebagai moderator.  Acara saya buka dengan ucapan syukur, menyapa audiens, ucapan terima kasih dan memperkenalkan program PembaTIK. Mengapa perlu saya perkenalkan program pembaTIK? karena masih banyak guru yang belum mengenal apalagi mengikuti program ini. Untuk itu perlu kiranya saya memperkenalkan program PembaTIK agar di tahun-tahun mendatang semua guru dapat mengikuti program yang sangat bermanfaat ini.  Untuk lebih memotivasi para audiens, saya memutarkan videp profil Peserta PembaTIK Level 4 Sumbar tahun 2020. Setelah itu dilanjutkan pengenalan portal Rumah Belajar.

Selanjutnya sesi SRB Fitri Gusti Ayu untuk presentasi, SRB Fitri Gusti Ayu mempresentasikan fitur-fitur rumah belajar. Mulai dari membuat akun, login dan menggunakan fitur-fiturnya. Pada saat SRB Fitri Gusti Ayu tampil, tiba-tiba terjadi pemadaman listrik di wilayah saya, saya terpental dari room dan beralih ke device smartphone.

Zoom meeting sedikit terganggu akibat pemadaman listrik yang mendadak tersebut. Inilah salah satu kelemahan berkomunikasi dalam jaringan. Apalagi jika komunikasi dalam jaringan resmi seperti webinar memang seharusnya kita antisipasi dengan genset seandainya ada gangguan listrik, tetapi jaringan internet juga bisa bermasalah seandainya terjadi pemadaman listrik. Begitulah plus minus penggunaan media komunikasi yang kita gunakan. Meskipun begitu saya berusaha untuk memberikan informasi ke grup tentang adanya gangguan zoom meeting agar para partisipan tidak bertanya-tanya apa yang terjadi .

Host saya berikan kepada SRB Fitri Gusti Ayu untuk melanjutkan kegiatan sambil menunggu listrik hidup dan saya menggunakan smartphone sehingga tidak dapat share screen. Materi yang kami sampaikan diantaranya motivasi , pengenalan rumah belajar, tatacara membuat akun, login, mengenal fitur-fitur, pemanfaatan rumah belajar. Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada guru-guru agar dapat melaksanakan pembelajaran daring lebih inovatif dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar. Inilah sekelumit kegiatan sosialisasi berbagi, sharing informasi dan kolaborasi untuk mewujudkan pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan fitur-fitur Rumah Belajar. Ada hal yang perlu kita ingat, meskipun trjadi kendala dalam kegiatan berbagi tetapi kita harus tetap tenang dan mencari solusi atas kendala yang terjadi. Jangan sampai kendala yang kita hadapi melemahkan semangat untuk berbagi. Berbagilah apa yang dapat kita bagi untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Jangan menunggu sampai kita menjadi ahli, mulailah dari sekarang, semoga Allah selalu memberikan kemudahan bagi kita semua. 

Belajar dimana saja, kapan saja , dengan siapa saja...merdeka belajarnya, rumah belajar portalnya, maju Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan melalui zoom meeting dengan link sebagai berikut: 
Sahabat Rumah Belajar Sumbar is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Sahabat Rumah Belajar Sumbar's Personal Meeting Room
Join Zoom Meeting
Meeting ID: 704 347 0149
Passcode  : Sukses
user id      : fnv37350@eoopy.com
Password :123456Az

Adapun link-link dari kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Inovatif dengan Memanfaatkan Fitur-fitur Rumah Belajar sebagai berikut:


Dari statistik kegiatan  menunjukkan data bahwa terdapat 70,4% peserta sudah mengenal Portal Rumah Belajar dan hanya 29,6% yang belum mengenal.

Dari data statistik kegiatan menunjukkan 100% peserta merasa materi yang disampaikan bermanfaat.
Terdapat 93,3% peserta yang memahami paparan materi dari nara sumber dan 93,8% peserta yang akan menggunakan portal Rumah Belajar dalam pembelajaran.











Liputan Kegiatan Sebelum Listrik Padam




Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.




2 komentar:

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...