SRB SUMBAR BERBAGI : BEDAH FITUR SUMBER BELAJAR EDUGAME DAN LAB MAYA PADA PORTAL RUMAH BELAJAR

SRB Berbagi dengan topik Bedah Fitur Sumber Belajar Edugame dan Lab Maya Pada Portal Rumah Belajar telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 Oktober 2020 pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WIB. Kegiatan ini adalah sharing kolaborasi 3 SRB Sumbar Tahun 2020 lintas daerah. Kegiatan ini berawal dari inisiasi untuk mengadakan kolaborasi antar SRB. Ketiga SRB Sumbar tersebut yaitu ADDURORUL MUNTATSIROH,S.Pd dari Kabupaten Sijunjung, FITRI GUSTI AYU,S.Pd,M.Kom dari Kota Solok dan ISMET,S.Pd dari Kota Pariaman. Kami sepakat berkolaborasi dan mengadakan sharing melalui tatap maya untuk berbagi tentang Portal Rumah Belajar. Berkolaborasi adalah keterampilan abad 21 yang harus dimiliki guru maupun peserta didik karena dengan kolaborasi akan menumbuhkan karakter positif seperti bekerja sama, saling menghargai, membagi tugas dalam tim, bertanggung jawab, bekerja keras, komunikasi dan sikap-sikap positif lainnya. Tidak mudah membuat suatu kolaborasi, apalagi dengan orang-orang yang baru kita kenal, kita harus mencocokkan schedule yang berbeda-beda agar kolaborasi dapat terlaksana dengan baik, karakter yang berbeda serta kepentingan yang berbeda pula. Namun semuanya itu dapat terlaksana dengan satu tujuan untuk saling berbagi inovasi pembelajaran dengan rekan-rekan guru lainnya di seantero Indonesia.

Setelah mencocokkan agenda kegiatan pribadi masing-masing, akhirnya kesepakatanpun terbentuk dan dilanjutkan dengan pembagian tugas antar personil.  Saya bertugas sebagai moderator karena dinilai memiliki kemampuan untuk menghandle suatu acara. Sedangkan Bapak Ismet dan Ibu Fitri Gusti Ayu sebagai nara sumber dengan pembagian tugas Bapak Ismet akan mempresentasikan tentang Edugame dalam pembelajaran. Sedangkan Ibu Fitri Gusti Ayu akan memaparkan Lab Maya dan mengulas kembali Kelas Maya.

Untuk mempublikasikan kegiatan, kami membuat flyer untuk diposting di sosial media sebagai informasi kepada publik tentang kegiatan yang akan kami lakukan. Publikasi kami sebar melalui Facebook, Instagram dan beberapa grup WA. Pada flyer kami cantumkan langsung link daftar hadir untuk mengetahui seberapa besar animo publik terhadap kegiatan yang akan kami laksanakan.

Flyer Kegiatan



Publikasi Kegiatan

1. WA group




3. Instagram


Registrasi 
Registrasi dilakukan sebelum hari pelaksanaan kegiatan melalui link yang dibagikan maupun yang sudah tertera pada flyer kegiaran. Peserta cukup mengklik link dan akan terhubung  pada formulir registrasi dengan link : Pendaftaran peserta
Dari data yang sudah melakukan registrasi kami mendapatkan data belum banyak yang melakukan registrasi, kemungkinan ini terjadi karena padatnya kegiatan webinar lain atau promosi kami yang belum maksimal.




Daftar Hadir
Setelah peserta memasuki room meeting dengan menggunakan zoom meeting dengan link :
Setelah peserta memasuki room meeting, peserta diminta untuk mengisi daftar hadir melalui link yang dibagikan pada kolom chat dengan link :


Respon peserta
Peserta diminta untuk mengisi survey awal sebelum mengikuti pemaparan materi dari nara sumber untuk mengetahui seberapa pengetahuan peserta tentang Portal Rumah Belajar. Survey terdiri dari survey awal dan survey akhir dengan link:



Ringkasan jalannya kegiatan
Acara dibuka oleh moderator yaitu saya sendiri SRB ADDURORUL MUNTATSIROH,S.Pd dari kabupaten Sijunjung. Sebagai motivasi awal, saya menyampaikan tentang program PembaTIK dari Pusdatin Kemdikbud dengan tujuan agar semua guru dapat mengikuti program pembaTIK di tahun mendatang. Setelah itu saya memutarkan video peserta PembaTIK Level 4 Sumbar, dalam video tersebut menginformasikan tentang urutan level program PembaTIK dan jumlah peserta yang mengikutinya pada tahun 2020. 

Selanjutnya penyampaian materi oleh nara sumber pertama, Bapak ISMET,S.Pd SRB dari Kota Pariaman. Pada kesempatan tersebut Bapak ISMET,S.Pd memaparkan tentang fitur Edugame pada Portal Rumah Belajar yang akan membuat pembelajaran daring menjadi lebih menyenangkan karena ada unsur permainan dan pembelajaran. Dalam game yang dimainkan siswa terkandung pelajaran yang harus mereka pahami. Jadi penggunaan Edugame sangatlah mengasikkan dan semoga mampu meningkatkan daya serap peserta didik pada materi yang diajarkan guru.

Setelah nara sumber pertama selesai melakukan presentasi, saya membuka sesi tanya jawab. Pertanyaan dari Ibu Detti kepada nara sumber yaitu apakah Edugame dapat digunakan untuk semua jenjang pendidikan dan semua mapel? Nara sumber langsung memberikan tanggapannya bahwa Edugame pada Portal Rumah Belajar dapat dipilih sesuai dengan jenjang pendidikan dan mata pelajaran yang relevan.

Nara sumber kedua SRB FITRI GUSTI AYU,S.Pd,M.Kom mempresentasikan tentang labor maya dan kelas maya, tetapi lebih mendalam pembahasan kelas maya terutama kelas maya Si Cadiak Pandai yang sedang digalakkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Nara sumber mempresentasikan dari cara membuat akun guru, akun siswa dan mengisi konten kelas maya tersebut.

Salah satu kendala dalam komunikasi dalam jaringan adalah gangguan koneksi internet, pemadaman listrik serta terputusnya komunikasi jika menggunakan zoom free. Untuk itu dibutuhkan kemampuan trouble shooting dan mental untuk dapat mengatasi kendala yang terjadi. Gangguan semacam itu juga kami alami pada saat kegiatan berlangsung, untungnya kami sudah menginformasikan kepada audiens untuk tidak panik saat terjadi gangguan seperti terpentalnya dari room . Peserta kami minta untuk login kembali pada link yang sama. Alhamdulillah peserta sangat antusias dan tetap bertahan sampai akhir meskipun mengalami gangguan selama kegiatan. Inilah yang disebut dengan kemampuan trouble shooting dan menangani masalah dengan solusi yang tepat.

Pada akhir kegiatan  diberikan game dengan menggunakan aplikasi quiziz oleh Bapak ISMET,S.Pd, semua peserta yang hadir semangat untuk ikut bermain dalam game tersebut. Pemenang mendapatkan voucher pulsa sebagai reward karena telah memenangkan game tersebut. Selamat kepada pemenang game dan semoga materi yang kami berikan dapat bermanfaat. Belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja.

Liputan kegiatan dapat dilihat dari foto-foto berikut ini:










Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia
@Nursyamsi @robysetiapramana @HabibullahRahmad





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...