PEMBUKAAN COACHING PEMBATIK LEVEL 4 - GELOMBANG 6

Kegiatan pembukaan coaching pembaTIK Level 4 Gelombang 6 telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan coaching PembaTIK Level 4 untuk gelombang terakhir berdasarkan Surat undangan dari PUSDATIN dengan nomor 4700/J1.1/PP/2020 tanggal 18 September 2020, coaching gelombang 6 meliputi provinsi Kalimantan Barat , Gorontalo, Jawa Timur , Papua dan  Sumatera Barat. Pada surat undangan tersebut disebutkan bahwa berdasarkan Surat Pengumuman Nomor: 4432/J1.1/PP/2020 terkait hasil pelaksanaan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 3: Kreasi TIK, Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin Kemendikbud) telah mendapatkan 30 peserta terpilih untuk mengikuti PembaTIK Level 4: Berbagi TIK. Sehubungan hal tersebut, bersama ini dengan hormat kami mohon kesediaan Saudara untuk menugaskan peserta PembaTIK Level 4 yang tertera pada tautan https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_2020_level4  agar dapat mengikuti rangkaian kegiatan “PembaTIK Level 4: Berbagi” yang akan dilaksanakan baik secara asinkronus dan sinkronus seperti pada jadwal (terlampir) secara daring pada tautan yang akan diinformasikan selanjutnya. Besar harapan kami agar Saudara juga dapat memberikan Surat Pernyataan dukungan peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan format (terlampir).  Untuk informasi lebih lanjut, silahkan bergabung pada tautan telegram https://t.me/pembatiklevel4 atau menghubungi Duta Rumah Belajar Tahun 2017, 2018 dan 2019 di masing-masing provinsi.

Kegiatan pembukaan coaching PembaTIK Level 4 gelombang 6 dilaksanakan melalui zoom meeting dengan tautan berikut ini :

Rumah Belajar is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Pembukaan Coaching PembaTIK Level 4 - Gelombang 6
Time: This is a recurring meeting Meet anytime

Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/89763215549?pwd=T2tVSDFEWHFBL1NkNnIvUENldG1wZz09

Meeting ID: 897 6321 5549
Passcode: rumb3l

Informasi coaching PembaTIK level 4 disampaikan oleh tutor melalui grup SRB masing-masing provinsi. Tutor juga menginformasikan aturan dan tata tertib untuk mengikuti kegiatan tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Semua peserta agar   dapat masuk ke room setidaknya 10 menit sebelum pembukaan (pukul 09.00  WIB) dimulai. Panitia akan approve 5 menit sebelum pembukaan dimulai.

2. Menggunakan format nama: Provinsi - Nama (untuk mempermudah breakout room)

3. Mengisi daftar absen dan biodata https://linktr.ee/infopesertapembatik2020

4. Mengikuti kegiatan dengan happy dan semangat 💪

Terima kasih.

Pembukaan coaching PembaTIK Level 4 Gelombang 6 dipandu oleh Moderator HAFIZ BESTARI dari Pusdatin, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak ARIF D dari Pusdatin yang memaparkan tentang program PembaTIK dan sambutan dari Bapak Supriyanto juga dari Pusdatin.

Berikut dokumentasi kegiatan pembukaan coaching PembaTIK Level 4 gelombang 6 :












Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan dengan break out untuk masuk ke room sesuai dengan provinsi asal masing-masing peserta. Kamipun disatukan dalam room provinsi Sumatera Barat. Setelah semua peserta masuk di room, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua LPMP provinsi Sumatera Barat yaitu Bapak Dr.Ir.M.Sofian Asmirza,M.Sc dengan moderator Ibu Hafiza dari Pusdatin. Dalam sambutannya Kepala LPMP menyatakan bahwa beliau menyambut baik program PembaTIK dan menunggu kolaborasi dari para DRB dan SRB untuk berkolaborasi bagaimana melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan dukungan teknologi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Baltekkomdik provinsi Sumatera Barat, Bapak Ali Akbar, beliau menyampaikan agar di tahun mendatang jumlah peserta pembaTIK agar lebih ditingkatkan karena ada 70.000 guru di Sumbar tetapi yang baru mengikuti program pembaTIK hanya sekitar 2773 orang. Meskipun secara nasional posisi Sumbar berada pada peringkat 8 tetapi diharapkan semua guru dapat mengikuti program pembaTIK ini. Kepala Baltekkomdik juga mengajak kolaborasi antara DRB dan SRB untuk membuat rancangan implementasi pembelajaran berbasis TIK.






Kegiatan diakhiri pada pukul 12.00 WIB untuk ishoma dan masuk kembali ke room meeting pada pukul 13.00 WIB. Setelah peserta dan tutor melaksanakan ishoma, kami masuk kembali ke room zoom meeting dengan link berikut :

Assalamu'alaikum Bapak Ibu berikut tautan untuk zoom meeting setelah ishoma, dimulai insya Allah pukul 13.00 WIB terima kasih 🙏


Rumah Belajar is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Coaching PembaTIK Level 4 - Provinsi Sumatera Barat
Time: Oct 12, 2020 01:00 PM Jakarta

Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/83202240269?pwd=QkpZTGNjZGJUaS9sLzhpRi9UbXltdz09

Meeting ID: 832 0224 0269
Passcode: 262340

Kegiatan dilanjutkan dengan membagi peserta ke dalam 3 kelompok, masing-masing kelompok didampingi oleh tutor dan DRB. Saya masuk pada kelompok I dengan tutor Bapak Amar Nugraha dan DRB Roby Setia Permana. Pada sesi siang ini kami diminta untuk mempresentasikan tentang tindak lanjut, implementasi juga rencana pembuatan blog dan vlog.
 
Bapak / Ibu Sahabat Rumah Belajar...

Untuk persiapan acara besok, diharapkan bapak/ibu membuat paparan singkat mengenai :
1. Rencana Tindak Lanjut 
2. Progres Implementasi 
3. Karya (Blog & Vlog)

Presentasi pesertapun dimulai diawali presentasi dari SRB Fitri Adona, selanjutnya saya, SRB Eka Hariyana dan ditutup dengan presentasi dari SRB Rahma Deni. Mengingat waktu sudah sore dan tutor ada kegiatan zoom meeting lainnya 6 peserta yang belum tampil agar bersiap tampil di hari Selasa tanggal 13 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB.

Pada kegiatan coaching ini, peserta harus menyiapkan dokumen berupa surat tugas dari kepala sekolah surat dukungan dari sekolah, materi presentasi , dokumen-dokumen kegiatan coaching dapat dilihat pada link berikut :


Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.
Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja....
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia....
Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia
@Nursyamsi @robysetiapramana @HabibullahRahmad


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...