Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Melalui Portal Rumah Belajar



Kegiatan webinar SRB Berbagi dengan tema Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Melalui Portal Rumah Belajar telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 Oktober 2020 mulai pukul 16.00 sampai dengan 17.30 WIB. Webinar ini terlaksana berawal dari percakapan melalui WA grup kolaborasi yang dibentuk SRB Muhammad Iqbal Steve seorang SRB dari Kalimantan Selatan. Saya bersama SRB Tati membahas rencana kolaborasi bersama tim kecil lain yang berbeda formasinya dari kolaborasi pada pukul 13.00 WIB di hari yang sama. Pada webinar kolaborasi nusantara sesi 2 ini terdiri dari 3 orang nara sumber dan 1 orang yang bertugas sebagai host sekaligus moderator. Berkolaborasi adalah keterampilan abad 21 yang harus dimiliki guru maupun peserta didik karena dengan kolaborasi akan menumbuhkan karakter positif seperti bekerja sama, saling menghargai, membagi tugas dalam tim, bertanggung jawab, bekerja keras, komunikasi dan sikap-sikap positif lainnya. Tidak mudah membuat suatu kolaborasi, apalagi dengan orang-orang yang baru kita kenal, kita harus mencocokkan schedule yang berbeda-beda agar kolaborasi dapat terlaksana dengan baik, karakter yang berbeda serta kepentingan yang berbeda pula. Namun semuanya itu dapat terlaksana dengan satu tujuan untuk saling berbagi inovasi pembelajaran dengan rekan-rekan guru lainnya di seantero Indonesia.

Awalnya kami hanya bertiga saja yang akan sosialisasi tatap maya, ternyata ada 1 orang SRB yang akan bergabung, akhirnya kami tampil bersama 4 SRB. Sungguh pengalaman yang luar biasa karena sebelumnya kami tidak saling mengenal, perkenalan kami hanya beberapa jam saja sebelum kegiatan, semua pembagian tugas dilakukan secara daring dan hebatnya kami semua bisa menyatu dan ada chemistry yang terbentuk secara mendadak. Ini sungguh berkah yang Allah berikan kepada kami dengan satu niatan berbagi informasi tentang praktik baik pembelajaran di masa pandemi ini.



Publikasi Kegiatan
Peningkatan Kompetensi Belajar Siswa di Masa Pandemi melalui Portal Rumah Belajar
Pembelajaran Jarak Jauh dari Rumah merupakan Pembelajaran yang harus kita lakukan di masa Pandemi Covid-19, namun tentu banyak kendala dalam pembelajaran, seperti siswa sudah mulai merasa jenuh dan kurangnya sumber belajar yang tersedia. 
Di Webinar kali ini akan dipaparkan mengenai Peningkatan Motivasi Belajar siswa di Masa Pandemi melalui Portal Rumah Belajar.

🔄 Kolaborasi SRB 2020

Narasumber :
🔳Tina Sundari, S.Pd., M.Pd.
SRB JAWA BARAT
Materi: Pembelajaran Model FCr via WA dengan Mengintegrasikan Rumah Belajar

🔳Addurorul Muntatsiroh, S.Pd.
SRB SUMATERA BARAT
Materi: Pemanfaatan Edugame, Kahoot dan Quiziz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi

🔳Yati Nurhayati, S.Pd.
SRB JAWA BARAT
Materi: Implementasi Model Flipped Classroom Diintegrasikan Edugame Portal Rumah Belajar pada Materi Virus Kelas X 


Moderator dan Host :
🔲Wulansari Retnaasih, S.Pd., M.Pd.
SRB JAWA BARAT

Jangan lewatkan: 
🕐MINGGU, 11.10.2020
16.00 - 17.00 WIB
▶️ZOOM meeting
Meeting ID: 974 7327 1729
Passcode: 12345

GRATIS!

#PembaTIK2020
#PusdatinKemdikbud
#DutaRumahBelajar2020
#RumahBelajar2020
#BerbagiTIK
 
Publikasi dilakukan melalui Facebook, Instagram dan berbagai WA group.





Sejak pandemi dimulai pada bulan Maret tahun 2020, sebagian daerah memang menutup persekolahan dan melakukan pembelajaran jarak jauh. Meskipun ada beberapa daerah yang sempat membuka sekolah lalu menutup kembali karena adanya lonjakan kasus COVID 19 di wilayah sekolah tersebut berada. Tidak hanya peserta didik yang merasa bosan, pendidikpun harus memutar otak untuk meracang pembelajaran agar lebih inovatif dan membuat peserta didik nyaman untuk tetap belajar dari rumah. Kebosanan peserta didik muncul tatkala pendidik tidak mampu menyajikan pembelajaran daringnya menarik.

Nah bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi? Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur di Portal Rumah Belajar. Terdapat berbagai macam fitur pada Portal Rumah Belajar yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Salah satu fitur yang digemari para siswa adalah Edugame. Edugame dirancang untuk membuat pembelajaran lebih menarik dengan mengkombinasikan game untuk mata pelajaran tertentu. Selain itu kami juga memaparkan model pembelajaran flipped classroom yang diintegrasikan dengan portal Rumah Belajar untuk meningkatkan interaksi siswa dan guru yang bertujuan agar pembelajaran menjadi lebih interaktif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai meskipun melalui pembelajaran jarak jauh. Guru dapat memilih game yang sudah tersedia disesuaikan dengan jenjang pendidikan, kelas dan mata pelajarannya. Melalui pemanfaatan edugame diharapkan siswa dapat lebih menguasai konsep pembelajaran dengan mengulanginya pada permainan game yang dimainkan. Semoga ide kecil ini dapat membantu para pendidik dalam merancang pembelajaran daring selama masa pandemi ini.

Pada kegiatan webinar kolaborasi nusantara antara SRB Sumbar dengan SRB Jabar, peserta dapat langsung masuk ke room zoom meeting dan mengisi daftar hadir dengan link berikut:


Dari data hasil tanggapan peserta rata-rata menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan dalam melaksanakan pembelajaran yang menarik dalam masa pandemi.



Untuk mengetahui jalannya webinar dapat melihat tayangan video dari link berikut ini :


Demikianlah liputan kegiatan SRB berbagi kolaborasi nusantara antara SRB Jabar dan Sumbar, kami mengucapakan syukur yang tidak terkira karena acara dapat terlaksana meskipun ada gangguan koneksi pada saat acara berlangsung. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada audiens yang tetap bersemangat mengikuti acara sampai menjelang maghrib.

Dari data respon yang diisi peserta diperoleh data 58 orang telah mengisi daftar hadir dengan respon positif, diantaranya "Acaranya sangat bagus, menarik dan bermanfaat". 

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...