KIAT PEMANFAATAN VIDEO CONFERENCE

Kuliah Umum PembaTIK Level 4 dengan tema Kiat Pemanfaatan Video Conference dengan Nara sumber Bapak Prof. Dr.Ir.Eko Indrajit, M.Sc,M.BA.,M.phil., MA seorang pakar teknologi, beliau menyatakan bahwa DNA Pendidik : Ada dan tidak ada media, pendidik harus mampu kreatif dengan teknologi yang ada.

Ada beberapa Kiat Pemanfaatan Video Conference yaitu:

1.  Bukan hanya sekedar menyampaikan pesan
Untuk membuat orang lain melakukan apa yang kita inginkan, pendidik harus belajar dan berlatih/jam terbang menyelenggarakan video conference dengan tujuan agar pendengar melakukan AKSI.
2.  Penyesuaian fitur
Video conference memiliki banyak fitur, harus disesuaikan dengan karakteristik pertemuan dan tujuan yang ingin dicapai bersama. Rencanakan stratefi cideo conference terlebih dahulu dan lakukan penyetelan video conference dengan aplikasi yang dipergunakan.
3.  Interaksi dan umpan balik
Hindari berbicara satu arah dalam situasi apapun. Lakukan komunikasi secara natural dan efektif agar peserta didik termotivasi untuk menyerap konten yang diberikan.
4.  Daya tahan dan jendelaa waktu
Daya tahan dan jendela waktu efektif dalam melakukan aktivitas pada video            teleconference tidak banyak. Semakin lama berinteraksi semakin rendah   atensinya. Menurut penelitian kebanyakan warganet Indonesia hanya fokus dalam video conference selama 30 menit pertama saja.
5.  Direkam dan diviralkan
Bertujuan untuk memberikan manfaat. Berbagi video conference dalam lingkungan digital yang dapat direkam. sehingga banya pihak dapat  menikmatinya. Jangan menunggu waktu lama untuk berbagi. Segera rekam dan berbagilah ke khalayak ramai.
6.  Kendala dalam pembelajaran jarak jauh
Tetap mengaktifkan audia dan mematikan video atau memperkecil resolusi video. Menyalakan video bukan suatu tujuan, tetapi menyalakan video adalah cara  mencapai tujuan.

Tinggalkan rekam jejak digital dengan berbagi ilmu dan pengetahuan yang  bermanfaat.

Slide presentasi #UnggahUlang @belajar.kemdikbud

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia
Yuk follow rumah belajar di @belajar.kemdikbud
@Nursyamsi @robysetiapramana @Habibullah Rahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...