PENYERAHAN RAPOR PENILAIAN TENGAH SEMESTER MELALUI APLIKASI ERAPOR

Setelah menyelesaikan tugas akhir peserta PembaTIK Level 4 Tahun 2020, saya kembali fokus dengan tugas rutin dan tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah bidang akademik. Salah satu tugas saya adalah memastikan pelaksanaan proses belajar mengajar secara daring terlaksana dengan baik. Kendala pembelajaran daring pastilah ada, tapi bagaimana cara kita meminimalisir kendala tersebut. Meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring tetapi evaluasi tetap harus dilaksanakan seperti pada kondisi normal. 

Penilaian tengah semester merupakan kegiatan penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi dari peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran selama 3 bulan atau telah mempelajari beberapa kompetensi dasar yang ada pada semester berjalan.

Penilaian tengah semester juga dapat digunakan sebagai evaluasi diri dari peserta didik bagaimana prestasi belajarnya setelah mempelajari beberapa kompetensi dasar. Semoga dengan diserahkannya rapor penilaian tengah semester hari ini mampu menyadarkan kembali peserta didik agar lebih memotivasi dirinya dalam mengikuti pembelajaran daring.

Sesuai dengan edaran Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan yang berbunyi agar semua sekolah menengah kejuruan menggunakan aplikasi erapor untuk pengolahan nilai peserta didik, SMK Negeri 1 Sijunjung juga telah menerapkan erapor sejak tahun pelajaran 2019/2020. Aplikasi erapor ini terkoneksi dengan Data Pokok Pendidikan/Dapodik. Artinya kualitas data Dapodik dapat kita lihat pada tampilan erapor nanti.

Jumlah PTK, jumlah peserta didik, distribusi wali kelas, distribusi mata pelajaran dan lan sebagainya yang telah dientry di Dapodik akan tersinkron dengan erapor. Tugas wali kelas sangat ringan karena hanya menunggu kiriman nilai dari guru mata pelajaran. Hasil cetak rapor sudah berupa file PDF yang siap untuk dibagikan kepada peserta didik melalui whatsapp grup kelas masing-masing. Khusus bagi peserta didik yang mengalami masalah selama pembelajaran daring, pihak sekolah memanggil orang tua untuk mengetahui kondisi peserta didik selama belajar dari rumah.

Demikian cerita hari ini tentang penyerahan rapor PTS peserta didik dengan aplikasi erapor. Selamat beraktivitas dan terima kasih sudah membaca blog saya hari ini.

Tampilan erapor untuk pengolahan nilai









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...