KIHAJAR TIK TALKS JAMBI - JAMBI MEWUJUDKAN INOVASI PEMBELAJARAN DALAM PANDEMI

Seperti motto saya tulis dalam blog Belajar, Mengajar dan Berbagi....setelah pada pukul 08.00 WIB saya melaksanakan pembelajaran secara daring, aktivitas hari ini saya lanjutkan dengan belajar daring melalui zoom meeting KIHAJAR TIK TALKS JAMBI - JAMBI MEWUJUDKAN INOVASI PEMBELAJARAN DALAM PANDEMI. Kegitan webinar ini diawali dengan registrasi terlebih dahulu melalui tautan Pendaftaran. Setelah registrasi berhasil barulah saya masuk ke zoom meeting dengan tautan yang tercantum pada akun SimpaTIK saya.

Seminar akan dilaksanakan secara daring pada:
Selasa, 27 Oktober 2020
Meeting ID    : 846 0690 0445
Passcode     : kihajar

Ruang seminar hanya berkapasitas 1.000 orang. Bagi yang tidak bisa masuk karena kapasitas ruang seminar sudah penuh, dapat mengikuti seminar melalui YouTube, Televisi Edukasi  atau Facebook.
Bisa juga melalui Facebook,:
Tvedukasi Kemdikbud

Host yang bertugas pada webinar hari ini adalah ANDI, Kihajar TIK Talks Jambi hadir dengan tema Jambi Mewujudkan Inovasi Pembelajaran dalam Pandemi, dan menghadirkan nara sumber hebat yaitu :
1. M. Hasan Chabibie, plt. Kepala Pusdatin Kemendikbud
2. Muhammad Syahran, SE, M.M, plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
3. Drs. A. Yani Iriansyah, M.Si, PTP Ahli Madya Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
4. Romi Satria Wahono, Ph.D, CEO & Founder Brainmatics Cipta Informatika.  
5. Dr. Sofyan, M.Pd, Dosen FKIP Universitas Jambi
6. Dona Yulia Sari, S.Pd.,M.Si, DRB Provinsi Jambi Tahun 2019.
7. Mashindra Prisma Saputra, S.Pd, Pemenang 1 Lomba Kreativitas Pembelajaran Tingkat  Nasional 2018

Saya mengikuti kegiatan webinar ini dari pukul 09.00 WIB dengan sangat antusias mengingat nara sumber hari ini tokoh-tokoh yang inspiratif. Pemateri pertama adalah Bapak Muhammad Syahran, SE, M.M, plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.Dalam presentasinya beliau menyampaikan tentang kondisi pembelajaran selama masa pandemi di provinsi Jambi dan bagaimana seharusnya seorang pendidik melaksanakan pembelajaran daringnya.

Pemateri kedua adalah  Drs. A. Yani Iriansyah, M.Si, PTP Ahli Madya Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Beliau juga menyampaikan strategi pembelajaran di masa pandemi, guru juga harus dapat menjawab tuntutan pendidikan di era teknologi digital. Beliau berpesan yang sesuai dengan konsep pembelajaran Ki Hajar Dewantara "jadikan setiap tempat sebagai sekolah dan jadikan semua orang sebagai guru kita"

Pemateri ketiga adalah Dr. Sofyan, M.Pd, Dosen FKIP Universitas Jambi, dalam paparannya beliau menyampaikan tema Pembelajaran yang Memanusiawikan. Beliau juga menyampaikan bahwa jauh di masa khalifah Ali Bin Abi Thalif sudah disampaikan "Didiklah anakmu sesuai jamannya karena mereka hidup bukan di jamanmu". Guru harus memandang setiap peserta didik memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan. Guru harus memahami dampak dari pembelajaran daring agar dalam memberikan pembelajaran jangan sampai membuat siswa stres.

Pemateri keempat yaitu M. Hasan Chabibie, plt. Kepala Pusdatin Kemendikbud. Beliau memberikan motivasi dan dukungan kepada semua pendidik agar tetap berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi ini.

Pemateri kelima adalah  Romi Satria Wahono, Ph.D, CEO & Founder Brainmatics Cipta Informatika beliau adalah pendiri ilmu computer.com. Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang reformasi digital learning, penyebab kegagalan digital learning, statistik penggunaan sosial media teraktif, statistik pengaksesan web.

Di sela-sela materi panitia memberikan kuis yang dapat diakses dari sli.do Games maupun quiziz. Kuis dipandu oleh Karima Putri sebagai host.

Pemateri keenam yaitu Dona Yulia Sari, S.Pd.,M.Si, DRB Provinsi Jambi Tahun 2019. Dalam paparannya DRB Dona memaparkan tentang penggunaan fitur-fitur dari Portal Rumah Belajar.

Pemateri ketujuh adalah Mashindra Prisma Saputra, S.Pd, Pemenang 1 Lomba Kreativitas Pembelajaran Tingkat  Nasional 2018. Karya yang telah dibuat berupa multimedia pembelajaran interaktif yang dapat diakses melalui android dengan judul Toko Kue. 

Luar biasa dan menginspirasi apa yang sudah dipaparkan oleh nara sumber hari ini. Dengan belajar kita menjadi tau bahwa masih banyak yang belum kita tau dan kuasai.

Peserta webinar harus mengisi Daftar hadir sebagai bukti keikutsertaannya sebagai peserta webinar.  Pertanyaan terkait materi dapat diajukan melalui sli.do dengan pin: 99339 .Kami tidak mengakomodir pertanyaan dari raise hand ataupun dari kolom chat. Terimakasih. Materi KIHAJAR TIK TALKS JAMBI dapat diunduh pada tautan: Materi webinar

Demikianlah ringkasan jalannya kegiatan webinar KIHAJAR TIK TALKS JAMBI. Kegiatan webinar berakhir pada pukul 12.50 WIB. Terima kasih kepada
 PUSDATIN dan semua nara sumber yang telah memberikan paparannya hari ini.
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Kumpulan materi webinar KIHAJAR TIK TALKS JAMBI : Materi KIHAJAR TILK TALKS JAMBI

Foto-foto kegiatan webinar 












































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...