IMPLEMENTASI PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN


Apa kabar sahabat Rumah Belajar?
Masih bingung dengan pemanfaatan Rumah Belajar? Yuk kita simak webinar kali ini bersama guru hebat kita Bu Raden Roro Martiningsih. Beliau merupakan Duta Rumah Belajar Terbaik Nasional tahun 2017. Beliau jg salah satu guru yang memanfaatkan konten dan siaran Televisi Edukasi sejak tahun 2006 hingga sekarang dan berhasil mengajak seluruh guru di sekolah untuk menggunakan TV edukasi ini.
Mari ikuti bersama sama webinar bersama beliau dan SRB Sumbar dengan topik "Implementasi Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Pembelajaran"
Time: Oct 14, 2020 04:00 PM Jakarta
Meeting ID: 379 295 6322
Passcode: belaj4r
"𝑴𝒆𝒓𝒅𝒆𝒌𝒂 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓, 𝑹𝒖𝒎𝒂𝒉 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓 𝑷𝒐𝒓𝒕𝒂𝒍𝒏𝒚𝒂, 𝑴𝒂𝒋𝒖 𝑰𝒏𝒅𝒐𝒏𝒆𝒔𝒊𝒂"


Kegiatan sosialisasi Implementasi Pemanfaatan Rumah Belajar Dalam Pembelajaran telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Oktober 2020 pada pukul 16.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB. Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Sahabat Rumah Belajar/SRB Sumbar dengan Duta Rumah Belajar/DRB Nasional Tahun 2017 yaitu Raden Roro Martiningsih yang merupakan Duta Rumah Belajar Terbaik Nasional tahun 2017. Suatu kehormatan bagi kami para SRB Sumbar dapat belajar bersama dengan seorang perempuan hebat dari Jawa Timur yang telah mendedikasikan dirinya untuk berbagi kepada rekan-rekan sejawat terutama tentang Portal Rumah Belajar dan TV Edukasi. Kegiatan webinar ini adalah sharing kolaborasi DRB dan SRB Nusantara. Berkolaborasi adalah keterampilan abad 21 yang harus kita terapkan sebagai pendidik maupun kepada peserta didik.Berkolaborasi adalah keterampilan abad 21 yang harus dimiliki guru maupun peserta didik karena dengan kolaborasi akan menumbuhkan karakter positif seperti bekerja sama, saling menghargai, membagi tugas dalam tim, bertanggung jawab, bekerja keras, komunikasi dan sikap-sikap positif lainnya. Tidak mudah membuat suatu kolaborasi, apalagi dengan orang-orang yang baru kita kenal, kita harus mencocokkan schedule yang berbeda-beda agar kolaborasi dapat terlaksana dengan baik, karakter yang berbeda serta kepentingan yang berbeda pula. Namun semuanya itu dapat terlaksana dengan satu tujuan untuk saling berbagi inovasi pembelajaran dengan rekan-rekan guru lainnya di seantero Indonesia.

Perkenalan kami dengan Ibu Raden Roro Martiningsih hanya melalui chat via WA dan dilanjutkan dengan kesepakatan mengadakan sharing kolaborasi untuk membimbing kami para SRB yang sedang belajar berbagi tentang Implementasi Portal Rumah Belajar . Ibu Raden Roro Martiningsih langsung bertindak sebagai host/moderator sekaligus nara sumber. SRB yang memberikan sosialiasi pada kegiatan tersebut yaitu :
1. Raden Roro Martiningsih,S.Pd,M.Pd DRB Nasional Tahun 2017 dengan materi Pemanfaatan Wahana Jelajah Angkasa dalam Pembelajaran.
2. Elfi Indriani,S.Pd SRB Sumbar Tahun 2020 dengan materi Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran
3. Novi Melinda Angraini,S.Pd SRB Sumbar Tahun 2020 dengan materi Pemanfaatan Edugame dalam pembelajaran.
4. Addurorul Muntatsiroh,S.Pd SRB Sumbar Tahun 2020 dengan materi Pemanfaatan Laboratorium Maya dalam Pembelajaran.

Kegiatan webinar ini dilaksanakan menggunakan aplikasi zoom meeting dengan link berikut :
Meeting ID : 379 295 6322
Passcode : belaj4r

Kegiatan dipublikasikan bersama-sama melalui akun sosial media seperti Facebook, Instagram dan berbagai grup WA, salah satunya akun sosial media saya sendiri dan akun sosmed SRB lainnya :


Peserta yang mengikuti kegiatan langsung mengklik tautan dan mengisi daftar hadir yang telah kami sediakan dengan link : Daftar hadir

Dari link daftar hadir diperoleh data bahwa participant yang mengisi daftar hadir sejumlah 33 orang yang tersebar dari seluruh daerah di Indonesia bahkan ada peserta yang berasal dari Den Haag yaitu Ibu Ponco seorang guru di KBRI Belanda.

Kegiatan webinar dibuka oleh Ibu Roro yang langsung mempersilahkan narasumber pertama Ibu Elfi Indriani untuk memaparkan tentang pemanfaatan Sumber Belajar pada portal Rumah Belajar yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, dilanjutkan dengan pemaparan tentang fitur Edugame pada Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran. Tibalah giliran saya untuk mempresentasikan tentang fitur Laboratorium Maya yang dapat digunakan untuk praktikum di labor dari rumah selama pembelajaran jarak jauh. Tampil pada sesi terakhir narasumber Ibu Raden Roro Martiningsih yang mempresentasikan penggunaan fitur Wahana Jelajah Angkasa pada Portal Rumah Belajar.

Beberapa pertanyaan dari participant kami jawab sesuai dengan materi yang kami sajikan. Tibalah giliran saya bertanya kepada Ibu Raden Roro Martiningsih, saya menanyakan kiat dan strategi beliau sehingga terpilih menjadi Duta Rumah Belajar Nasional Tahun 2017 dan loyalitas beliau untuk memanfaatkan TV Edukasi. Beliau lalu menceritakan bagaimana perjuangan untuk melakukan sosialiasi tentang Rumah Belajar kepada rekan-rekan sejawat di semua kecamatan di Provinsi Jawa Timur. Sepertinya tidak masuk akal tetapi ternyata mampu belaiu laksanakan.Belaiu juga memanfaatkan TV Edukasi dalam pembelajaran dan menshare jadwal tayang TV Edukasi di majalah dinding sekolah. Sangat memotivasi dan menginspirasi apa yang beliau sampaikan.

Pada pukul 17.30 WIB acara webinar ini kami akhiri, semoga apa yang kami sampaikan tentang implementasi pemanfaatan rumah belajar dalam pembelajaran bersama DRB Nasional dapat memberikan manfaat bagi para participants. Terima kasih untuk semua participant yang sudah mengikuti acara hingga akhir, terima kasih kepada rekan-rekan SRB Sumbar dan teristimewa kepada Ibu Raden Roro Martiningsih.

Berdasarkan tanggapan yang kami bagikan kepada peserta diperoleh data sebagai berikut:
1. Jumlah peserta yang mengisi daftar hadir 33 orang
2. Sebaran peserta        : 28 guru, kepala sekolah 3, pengawas 1, lainnya 1
3. Informasi kegiatan diperoleh dari Whatsapp, Facebook dan Instagram
4.Terdapat 31 orang sudah mengetahui tentang Rumah Belajar, 2 orang belum tau.
5.Terdapat 30 orang yang sudah pernah mengakses Rumah Belajar , 3 orang belum pernah mengakses.

Testimoni Peserta
"BAGUS DAN JANGAN PERNAH BERHENTI MENGUNDANG SAYA"
"Amazing......"
"Sangat bermanfaat, menambah wawasan dan informasi"


Dokumen kegiatan dapat diakses melalui tautan : Dokumen kegiatan

Foto kegiatan













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...