Berbagi Implementasi Pembelajaran Berbasis TIK Hari I Bersama Guru SMKN 1 Sijunjung

Senin, 5 Oktober 2020 telah dilaksanakan Implementasi Pembelajaran Berbasis TIK dengan topik Pembelajaran Inovatif melalui Pemanfaatan Kelas Maya Si Cadiak Pandai dalam Pembelajaran Daring bagi guru-guru SMK Negeri 1 Sijunjung. Nara sumber saya sendiri Sahabat Rumah Belajar/SRB - Addurorul Muntatsiroh,S.Pd yang notabene adalah guru SMK Negeri 1 Sijunjung dan satu-satunya SRB dari kabupaten Sijunjung pada PembaTIK Level 4 Tahun 2020 provinsi Sumatera Barat.

Saya mengajar mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMK Negeri 1 Sijunjung, saya sudah terbiasa memanage suatu acara, jadi meskipun saya sendiri, saya tidak merasa berat melakukan kegiatan berbagi ini. Sebelum kegiatan ini saya laksanakan, saya melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Sekolah pada hari Kamis tanggal 1 Oktober 2020. Saya menyampaikan rencana untuk melakukan sosialisasi tatap maya bagi rekan-rekan guru SMK Negeri 1 Sijunjung dengan tema pemanfaatan kelas maya Si Cadiak Pandai. Dari hasil koordinasi tersebut, Kepala Sekolah memberikan ijin untuk melaksanakan kegiatan tatap muka tetap dengan standar prosedur COVID 19. Kepala sekolah juga memberikan support dengan menyediakan konsumsi pada saat kegiatan.

Setelah melapor kepada Kepala Sekolah, saya menemui Kepala Tata Usaha untuk membuat surat undangan kegiatan  hari Senin tanggal 5 Oktober 2020. Surat Tugas, surat dukungan dan undanganpun saya terima sebagai dokumen portofolio kegiatan PembaTIK Level 4 dari sekolah. Surat undanganpun didistribusikan kepada guru-guru melalui WA grup sekolah agar mengikuti kegiatan yang telah saya rancang.

Untuk publikasi kegiatan di sekolah saya menggunakan WA grup dinas sekolah. Selain itu saya juga melakukan publikasi di Facebook baik di story maupun di status juga di Instagram pribadi saya. 

Akhirnya tibalah hari untuk kegiatan berbagi, Senin 5 Oktober 2020, kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB . Pada saat yang bersamaan Kepala Sekolah ada kegiatan dinas ke Padang sehingga kegiatan dibuka oleh staf pimpinan yang lain dalam hal ini wakil bidang Sarana Prasarana Ibu Surya Darmita,S.Pd. Peserta yang hadir sebanyak 32 orang terdiri dari guru PNS maupun non PNS.

Pada kegiatan hari I saya awali dengan memperkenalkan program PembaTIK dengan memutar video Peserta PembaTIK Level 4 Sumbar, tujuannya agar di tahun depan akan lebih banyak lagi guru-guru yang mengikuti program PembaTIK. Guru-guru terlihat antusias menyaksikan tayangan video keren yang dibuat oleh DRB Sumbar tersebut. Dilanjutkan memperkenalkan Portal Rumah Belajar, dan akun-akun sosial medianya. Pada kenyataannya belum banyak guru yang mengakses Portal Rumah Belajar terbukti belum banyak yang melakukan registrasi. Untuk itu saya meminta semua guru yang hadir untuk membuat akun kemudian login ke Portal Rumah Belajar.

Setelah guru-guru berhasil mendaftar dan login, barulah saya memperkenalkan fitur-fitur Rumah Belajar. Setelah guru-guru berselancar ke fitur-fitur rumah belajar barulah saya menjelaskan Kelas Maya Si Cadiak Pandai kebanggaan provinsi Sumatera Barat. Kegiatan hanya sampai pukul 12.00 WIB karena sejak pandemi aktivitas guru-guru di sekolah juga dibatasi tidak sampai sore. Materi akan dilanjutkan di hari kedua. Alhamdulillah kegiatan hari I berjalan lancar dan target yang saya harapkan pada kegiatan hari I tercapai yaitu pengenalan porogram PembaTIK, pengenalan portal Rumah Belajar, Membuat akun pada Rumah Belajar, Registrasi akun Rumah Belajar dan pengenalan tentang kelas maya yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran daring.

Liputan kegiatan Implementasi Pembelajaran TIK Melalui Pemanfaatan Kelas Maya Si Cadiak Pandai bagi guru-guru SMK Negeri 1 Sijunjung dapat dilihat dari foto-foto kegiatan berikut.


Flyer/Publikasi Kegiatan


Surat Tugas


Surat Dukungan dari Sekolah


Undangan Kegiatan


Program Kerja


Persiapan Acara




Pelaksanaan Kegiatan Hari I

















Publikasi Kegiatan

1. Melalui Instagram





2. Melalui Facebook





Demikianlah liputan sosialisasi tatap maya hari I bagi guru-guru SMK Negeri 1 Sijunjung, kegiatan akan dilanjutkan pada hari kedua.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia
@Nursyamsi @robysetiapramana @HabibullahRahmad









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...