PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF MERDEKA BELAJAR

Pendidik dalam perspektif merdeka belajar adalah materi yang disampaikan oleh Dirjen GTK Bapak Iwan Syahril pada kuliah umum PembaTIK Level 4 Berbagi pada hari Selasa tanggal 15 September 2020. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan pesan tentang filosofi Ki Hajar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan di Republik ini, bahwa seorang pendidik harus memiliki kualitas yang baik dalam pembelajaran bagi anak didiknya, karena seorang anak yang dilahirkan diumpamakan sehelai kertas yang sudah ditulis penuh  tapi semua tulisan itu masih suram.Pendidik berkewajiban dan berkuasa menebalkan semua tulisan buram tersebut dan mengisinya agar nampak sebagai budi pekerti yang baik. 

Konsep Merdeka Belajar

1. Memandang anak dengan rasa hormat

Pendidik hanya bisa menuntun, tidak merubah kodrat anak didik. Pendidik ibarat petani dan anak didik ibarat padi. Pendidik harus bisa menumbuhkan anak sebagai padi yang terbaik.

2. Mendidik secara holistik

Pendidikan holistik adalah pendidikan budi pekerti. Bersatunya cipta, rasa, karsa, raga. Budi pekerti akan membawa pada kebijaksanaan yang baik. Jika sistem pendidikan tidak secara holistik maka akan menciptakan kelangkaan kebijaksanaan.

3. Mendidik secara kontekstual

Pendidikan harus disesuaikan dengan kodrat keadaan dan jamannya. Pendidik harus mampu melihat perubahan itu dan memanfaatkan teknologi.

Visi Merdeka Belajar

Pendidik harus fokus kepada anak didik. Melihat tumbuh kembang secara holistik dan melakukan inovasi dalam pembelajaran. Hadirkan inovasi, tinggalkan cara lama dan pola lama.

Belajar dari COVID 19

1. Sikap mental untuk nyaman dengan ketidaknyamanan. Mendukung terwujudnya budaya inovasi.

2. Beragam konteks tantangan yang dihadapi memaksa pendidik untuk berpikir ulang.

3. Menurunnya kecemasan terhadap pendidikan berbasis teknologi.

Kesimpulannya : Pendidik harus mampu menjadi telada, motivator dan pendorong merdeka belajar.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia
Yuk follow rumah belajar di @belajar.kemdikbud
@Nursyamsi @robysetiapramana @Habibullah Rahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Sekolah sebagai suatu ekosistem membutuhkan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tangguh. Kepala Sekolah pada dasarnya adalah seorang manajer, s...